Tab-Tab di dalam Unity :
- Tab Hierarchy : Pada tab ini berfungsi untuk memasukkan object yang akan tampil di game kita- Tab Inspector : pada tab ini digunakan untuk mengedit property object yang diklik pada komponen object yang berada di Tab Hierarchy, pada Tab ini juga digunakan untuk menyunting dan menambahkan komponen-komponen object, seperti Script
- Tab Project : Berisi semua bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam pembuatan game kita, dibagian ini sebagai tempat berbagai macam bentuk komponen seperti Folder, Animasi, Script, Image, Object3D, Assets, Material, dan masih banyak lagi
- Tab Console : Pada bagian ini adalah tempat penampilan pesan error dalam project kita, tapi paling sering terjadi pesan error saat pembuatan Script yang tidak dikenali oleh System atau kesalahan-kesalahan dalam pembuatan script
- Tab Scene : ini berisi ruangan / tempat dimana kita meletakan komponen seperti Camera, Terrain, Object, dll. Pada Tab ini kita melakukan penempatan atau pengerjaan game secara keseluruhan dengan object yang bearada di Tab Assets
- Tab Game : Ini sebagai tempat Game di uji coba, dimana kita bisa menjalankannya dengan mengklik tombol Play
Tab Hierarchy :
Tab Inspector :
Tab Project :
Tab Console :
Tab Scene :
Tab Game :
[ Unity3D Versi 5.0.2f1 ]
Terdapat beberapa Menu dari Menu Bar :
- File :
*New Scene : Untuk membuat tempat penyimpanan adegan game
*Open Scene : Untuk membuka penyimpanan adegan game yang telah ada
*Save Scene : Untuk Menyimpan adegan game
*New Scene As : Untuk membuat adegan game dengan tema/nama yang baru
*New Project : Untuk membuat proyek game baru
*Open Project : Untuk Membuka proyek game yang telah ada
*Save Project : Untuk menyimpan proyek game
*Build Setting : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan
*Build and Run : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan lalu menjalankannya
*Build in Clould : menjadikan game dengan pergi ke WEB Unity3d
*Exit : Untuk keluar dari Unity
- Edit :
*Undo : Digunakan Untuk Membatalkan perintah
*Rendo : Digunakan Untuk Kembali dari Pembatalan perintah
*Cut : Digunakan Untuk Memindahkan Object di satu tempat ke tempat lain
*Copy : Digunakan Untuk Menyalin Object dari satu tempat ke tempat lain
*Duplicate : Digunakan Untuk Menggandakan Object
*Delete : Digunakan Untuk Menghapus Object
*Frame Selected : Digunakan Untuk Memilih Kerangka Object
*Lock View to Selected : Digunakan Untuk Mengunci Object yang dipilih
*Find : Digunakan Untuk Mencari Object dengan cepat
*Sellect All : Digunakan Untuk Memilih semua Object
*Preferences : Digunakan Untuk Mengatur Komponen Eksternal
*Modules : Digunakan Untuk Memilih tipe perangkat Build
*Play : Digunakan Untuk Memulai Game
*Pause : Digunakan Untuk Menghentikan Sementara Game saat sedang berjalan
*Step : Digunakan Untuk Melanjutkan ke Scene berikutnya
*Selection : Digunakan Untuk Menyimpan Menyimpan & Memuat Pilihan
*Project Settings : Berisi Pengaturan Pembuatan Game, Seperti Audio, Graphic, Player, Quality, Jaringan, dll
*Network Emulation : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Jaringan
*Graphics Emulation : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Grafik Game
*Snap Settings : Digunakan Untuk Mengatur Snap Dalam Game
- Assets :
*Create : Digunakan untuk Membuat Assets baru
*Show in Explorer : Untuk Menampilkan Folder yang berisi semua project yang sedang kita buat di Partisi komputer
*Open : untuk Membuka Assets
*Delete : Untuk Menghapus Assets
*Import New Assets : Digunakan Untuk Mengambil Assets dari drive
*Import Package : Mengambil Assets yang telah ada dalam Unity3D
*Eksport Package : Menyimpan Assets di dalam Drive
*Find References In Scene : Digunakan Untuk Mencari Scene dengan cepat
*Select Defendecies : Digunakan Untuk Memilih Defendecies
*Refresh : Untuk Menyegarkan/Mengatur Ulang Assets yang berantakan
*Reimport : Untuk Membatalkan satu Assets yang telah di import
*Reimport All : Untuk Membatalkan semua Assets yang telah di import
*Run API Updater : Untuk Memulai API Updater
*Sync MonoDevelop Project : Digunakan Untuk Membuka MonoDevelop-Unity
- Game Object :
*Create Empty : Untuk membuat game object baru
*Create Empty Child : Digunakan untuk membuat game object baru yang masih kosong
*3D Object : Digunakan untuk menambahkan model 3D
*2D Object : Digunakan untuk menambahkan model 2D
*Light : Digunakan untuk menambahkan efek cahaya
*Audio : Digunakan untuk menambahkan suara
*UI : Digunakan untuk menambahkan pelengkap game, seperti teks, button, dll
*Particle System : Digunakan untuk menambahkan efek gas dari object
*Camera : Digunakan untuk menambahkan camera baru
*Center On Children : Digunakan untuk membuat object menjadi rata tengah
*Make Parent : Digunakan untuk membuat parent
*clear Parent : Digunakan untuk menghapus parent
*Apply Changes To Prefab : Digunakan untuk mennyimpan pengaturan di prefab
*Break Prefab Instance : Digunakan untuk berhenti melihat prefab
*Set as firs sibling : Digunakan untuk menyimpan saat penambahan object pertama
*Set as last sibling : Digunakan untuk menyimpan saat penambahan object yang lalu
*Move to View : Digunakan untuk memindahkan penglihatan object menjadi tampil dari depan
*Align With View : Digunakan untuk memindahkan penglihatan object menjadi tampil dari belakang
*Align With to selected : Digunakan untuk membuat arah kamera mengikuti arah penglihatan object
*Toggle Active State : Digunakan untuk menyembunyikan object dari penglihatan
- Component :
*Add : Untuk menambahkan komponen dari tab inspector untuk object yang dipilih, aktif saat ada object yang dipilih
*Mesh : Untuk menambahkan komponen mesh pada object
*Effects : Untuk menambahkan Efek pada object
*Physics : Untuk menambahkan komponen fisik pada object 3D
*Physics 2D : Untuk menambahkan komponen fisik pada object 3D
*Navigation : Untuk menambahkan komponen
*Audio : Untuk menambahkan komponen suara/efek suara pada object yang dipilih
*Randering : Untuk menambahkan komponen randering
*Layout : Untuk mengatur layout dalam object
*Miscellaneous : Untuk menambahkan komponen pengeditan animasi
*Event : Untuk menambahkan komponen
*UI : Untuk menambahkan komponen
*Script : Untuk menambahkan script pada object yang dipilih
- Mode Input :
*Enable : Digunakan untuk mengaktifkan mode input
*Diseble : Digunakan untuk menonaktifkan mode input
- Window : Berisi Sub Menu yang digunakan untuk ditampilkan dan disembunyikan dalam tampilan pembuatan game
- Help : Berisi Sub Menu yang bertujuan untuk memberitahu dan mempermudah kita mencari informasi tentang unity3D secara lengkap
Sumber : https://belajar-unity3d.blogspot.co.id/2015/06/fungsi-fungsi-dari-menu-bar-dan-tab-tab.html
0 komentar:
Post a Comment